Cara mengganti lampu LCD Laptop yang mati


Cara Mengganti Backlight LCD Laptop


Cara Mengganti Backlight Lamp Laptop
Beberapa rekomendasi sebelum Anda mulai:
  • Bekerja di ruangan yang bersih, debu dan serat bisa masuk dan merusak layar LCD.
  • Buatlah catatan, sehingga Anda tahu cara merakit layar laptop kembali.
  • Sebelum melepas sesuatu, lihat lebih dekat pada bagian dan hafal bagaimana nanti dirakit..
Inilah langkah-langkahnya;
Mengganti Backlight Lamp yang pertama dilakukan adalah menemukan letak Backlight Lamp (CCFL) di dalam layar LCD, sehingga kita perlu meisahkan bagian lain sebelumnya.



1. Lepaskan pita dan foil yang lengket dari belakang layar dan lem di suatu tempat sehingga Anda dapat menggunakan kembali nanti, ketika Anda merakit layar.


 2. Mengganti Backlight Lamp selanjutnya adalah keluarkan tape dari backlight cables.


 
3. Pada layar saya papan sirkuit berwarna hijau terpaku pada bingkai plastik dengan sisi pita ganda. Lanjutkan Mengganti Backlight Lamp dengan hati-hati melepas lem papan sirkuit. Berhati-hatilah, jangan melenturkan atau menekuk papan sirkuit.



4. Papan circuit telah dilepas.



5. Tempatkan layar LCD dengan sisi dan mulai lepas metal frame yang mengamankan LCD ke frame plastik. Akan ada banyak kaitan di semua sisi dari frame, Anda dapat membukanya dengan obeng kecil yang halus.

6. Lanjutkan memisahkan bingkai logam dari dasar plastik.



7. Mengganti Backlight Lamp adalah pada gambar berikut ini Anda dapat melihat frame, LCD dengan papan sirkuit dan base layar telah dipisahkan. Hati-hati, jangan menyentuh komponen internal dengan jari-jari Anda.



8.Tempatkan bingkai logam dan LCD dengan papan sirkuit samping. Anda akan membutuhkannya hanya ketika Anda merakit kembali bersama-sama.



9. Akan ada beberapa lapisan dalam yang transparan. Hati-hati melepasnya dari dasar layar. Jangan memisahkan lapisan, hanya menyisihkan dan menempatkan mereka bersama-sama.



10. Tetap jaga semua terorganisir, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan perakitan layar.


 11. Mulai lepaskan penutup logam dari backlight lamp (CCFL).
12. Mengganti Backlight Lamp berikutnya adalah penutup backlight telah dilepas.

 13. Kabel Backlight lamp (CCFL) disalurkan melalui kait plastik kecil.



14. Lepaskan kabel backlight lamp.



15. Sekarang mungkin bagian tersulit dalam proses pembongkaran – melepas lampu backlight dan reflektor. Lampu backlight ini diamankan dalam reflektor sehingga Anda harus melepas keduanya dan kemudian memisahkannya. Sebelum Anda melepas lampu backlight dan reflektor lihat lebih dekat bagaimana cara dirakit dan dipasang ke dasar layar.



16. Reflektor dilep ke dasar layar dengan isolasi sisi ganda.



17. Setelah reflektor tidak terikat ke dasar layar, Anda dapat mulai melepas lampu backlight. Seperti yang Anda lihat pada gambar, saya menandai sisi kiri reflektor dengan titik merah jadi saya tahu di mana kabel merah ketika saya merakit semuanya kembali bersama-sama.



18. Lampu backlight (CCFL) telah dilepas dari reflektor.



19. Untuk mengakses lampu backlight, Anda harus melepas topi karet dari kedua sisi lampu. Saya tidak yakin apakah Anda dapat menyentuh lampu backlight dengan jari-jari, jadi saya sarankan menggunakan sarung tangan karet.


 20. Kabel pada kedua sisi lampu backlight disolder ke lead backlight. Untuk mengakses lead Anda harus melepas isolator hitam pada kedua sisi lampu. Unsolder kedua kabel dari lampu backlight tua dan solder ke yang baru.



21. Setelah semua terpasang kembali kabelnya, silahkan tes dan semoga hasilnya seperti gambar di bawah ini.



 selesai. selamat mencoba




















Comments

Popular posts from this blog

Sejuta keajaiban sedekah

Memperbaiki windows tanpa instal ulang